Apokat / Avocado






Apokat (KBBI: Avokad), alpukat, atau (nama latinnya : Persea americana)ialah tumbuhan penghasil buah meja dengan nama sama. Tumbuhan ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah dan kini banyak dibudidayakan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah sebagai tanaman perkebunan monokultur dan sebagai tanaman pekarangan di daerah-daerah tropika lainnya di dunia.
Pohon, dengan batang mencapai tinggi 20 m dengan daun sepanjang 12 hingga 25 cm. Bunganya tersembunyi dengan warna hijau kekuningan dan ukuran 5 hingga 10 milimeter. Ukurannya bervariasi dari 7 hingga 20 sentimeter, dengan massa 100 hingga 1000 gram; biji yang besar, 5 hingga 6,4 sentimeter.
Buahnya bertipe buni, memiliki kulit lembut tak rata berwarna hijau tua hingga ungu kecoklatan, tergantung pada varietasnya. Daging buah apokat berwarna hijau muda dekat kulit dan kuning muda dekat biji, dengan tekstur lembut.


Sejarah
Nama apokat atau avokad (dari bahasa Inggris, avocado) berasal dari bahasa Aztek,ahuacatl (dibaca kira-kira "awakatl"). Suku Aztek berada di daerah Amerika Tengah dan Meksiko. Karena itu, buah ini pada awalnya dikenal di daerah tersebut.
Pada saat pasukan Spanyol memasuki wilayah tersebut sekitar awal abad ke-16, berbagai tumbuhan dari daerah ini, termasuk apokat, diperkenalkan kepada penduduk Eropa. Orang pertama yang memperkenalkan buah apokat kepada penduduk Eropa yaitu Martín Fernández de Enciso, salah seorang pemimpin pasukan Spanyol. Dia memperkenalkan buah ini pada tahun 1519 kepada orang-orang Eropa. Pada saat yang sama juga, para pasukan Spanyol yang menjajah Amerika Tengah juga memperkenalkan kakaojagung, dan kentang kepada masyarakat Eropa. Sejak itulah buah apokat mulai disebar dan dikenal oleh banyak penduduk dunia.
Apokat diperkenalkan ke Indonesia oleh Belanda pada abad ke-19.


Manfaat
Apokat memiliki banyak manfaat.
1.      Bijinya, digunakan dalam industri pakaian sebagai pewarna yang tidak mudah luntur; selain itu, dapat juga digunakan untuk mengobati sakit gigi dan kencing manis
2.      Batang pohonnya, dapat digunakan sebagai bahan bakar
3.      Kulit pohonnya, digunakan sebagai pewarna warna cokelat pada produk dari bahan kulit.
4.      Daging buahnya, dapat dijadikan hidangan serta menjadi bahan dasar untuk beberapa produk kosmetik dan kecantikan ; mengobati sariawan dan melembabkan  kulit yang kering ; dapat juga untuk mengebati kencing batudarah tinggisakit kepala, nyeri saraf, nyeri lambung, saluran napas membengkak dan menstruasi yang tidak teratur.
5.      Pencegah  Kanker Prostat. Alpukat merupakan salah satu nutrisi yang mampu menghambat pertumbuhan kanker prostat.
6.      Pertahanan Dari Kanker Mulut. Penelitian  menunjukkan bahwa senyawa tertentu dalam alpukat dapat mencari tumbuhnya sel sel kanker mulut  dan menghancurkannya  tanpa merusak sel-sel sehat.
7.      Pelindung Dari Ancaman  Kanker Payudara. Alpukat memiliki kandungan  asam oleat, yang telah terbukti untuk mampu mencegah kanker payudara yang dilakukan dalam  berbagai penelitian.
8.      Kesehatan Mata. Alpukat memiliki lebih banyak  zat lutein karotenoid dibandingkan buah buahan  lainnya yang biasa kita konsumsi. Lutein mampu melindungi terhadap degenerasi makula dan katarak.
9.      Kesehatan Jantung. Satu gelas  alpukat memiliki 23%  folat dari jumlah kebutuhan folat dalam sehari hari. Studi menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan yang kaya akan  folat memiliki potensi yang  lebih rendah dari serangan penyakit jantung dibandingkan mereka yang tidak pernah mengkonsumsinya. Vitamin E dan lemak tak jenuh tunggal  dalam alpukat juga bagus untuk jantung Anda.
10.  Pencegahan Stroke. Tingginya tingkat folat dalam alpukat juga mampu melindungi dari serangan penyakit  stroke. Orang yang mengkonsumsi makanan yang kaya akan  folat memiliki risiko yang  lebih rendah dari kemungkinan terserang penyakit stroke dibandingkan dengan  mereka yang tidak mengkonsumsi makanan yang kaya akan folat.
11.  Sumber Vitamin E Terbaik. Alpukat adalah buah buahan yang menghasilkan vitamin E terbaik, vitamin yang sangat penting yang melindungi tubuh kita dari berbagai serangan  penyakit dan membantu memelihara kesehatan secara keseluruhan.
12.  Membantu proses regenerasi darah merah dan mencegah anemia, karena didalamnya terkandung zat besi dan tembaga.
13.  Membantu proses pencernaan, karena mengandung serat simultan
14.  Menurunkan kadar kolesterol yang tinggi, karena mengandung karbohidrat dan lemak tak jenuh.
15.  Dapat mengobati sariawan. Caranya, makan buah alpukat yang telah masak 2 kali sehari sebanyak masing-masing 2 buah.
16.  Dapat mengobati kanker kulit. Caranya, makanlah buah alpukat paling tidak sehari sekali sebanyak 1 buah hingga sembuh.
17.  Dapat mengobati tekanan darah tinggi. Caranya, ambil daun alpukat yang masih muda, kemudian cuci bersih. Seduh dengan air panas, lalu biarkan dingin. Minum 2 kali sehari pada pagi dan sore hari sebanyak masing-masing 1 gelas.
18.  Lemak alpukat merupakan lemak sehat, sebagaimana yang terdapat dalam minyak zaitun. Selain mampu mengendalikan hipertensi, alpukat juga kaya mineral kalium, tapi rendah kandungan natriumnya


Kandungan Nutrisi
Kandungan nutrisi yang dikandung satu buah alpukat adalah :
o   95 mg fosfor
o   23 mg kalsium
o   1,4 mg zat  besi
o   9 mg sodium
o   1,3 mg potasium
o   8,6 mg niacin
o   660 mg vitamin A
o   82 mg vitamin C
o   Berbeda dari buah-buahan lain, alpukat hampir tidak mengandung pati, sedikit mengandung gula buah, tapi berlimpah serat selulose

0 komentar:



Posting Komentar